header2023

Berita Terkini

Sosialisasi Perjanjian Kerjasama Pengiriman Dokumen Surat Tercatat Antara Mahkamah Agung dan PT Pos Indonesia

 pos

Belopa, 31 Mei 2023 - Mahkamah Agung Republik Indonesia dan PT. POS Indonesia (Persero) telah menjalin sebuah kerjasama yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan keamanan dalam pengiriman surat tercatat. Perjanjian kerjasama ini telah disosialisasikan secara resmi pada tanggal 31 Mei 2023 di Kantor Pengadilan Negeri Belopa pada Ruang sidang utama.

Selengkapnya...

Pelaksanaan Rapat Bulan April 2022 Pengadilan Negeri Belopa

mini IMG 2372

Pengadilan negeri belopa telah melaksanakan rapat rutin bulan April 2022 yang dipimpin oleh Wakil ketua Pengadilan Negeri Belopa, Bapak Andi Adha, S.H. dan diikuti oleh seluruh hakim, Pejabat struktural, Pejabat fungsional, pegawai dan PPNPN pengadilan Negeri Belopa.

Selengkapnya...

Rapat Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas dan Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2022

WhatsApp Image 2022 03 28 at 9.17.52 AM 1

Belopa, 28 Maret 2022. Rapat Monitoring dan Evaluasi Pembangunan Zona Integritas dan Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Negeri Belopa, rapat tersebut di laksanakan di ruang rapat pimpinan. dhadiri oleh, Wakil Ketua Pengadila Negeri Belopa, Panitera, Sekretaris, Para Hakim, Para Panmud, dan Kasubbag. adapun poin-poin yang dibahas adalah :

Selengkapnya...

Surat Edaran No 1 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Layanan Hukum Pembebasan Biaya Perkara (Prodeo)

Belopa, Sulawesi Selatan -  Selasa 1 Februari 2022, Layanan hukum pembebasan biaya perkara (prodeo) merupakan salah satu layanan hukum bagi masyarakat kurang mampu sebagaimana diatur dalam Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 01 Tahun 2014 yaitu Negara menanggung biaya proses berperkara di Pengadilan Negeri, Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung, sehingga setiap orang atau sekelompok orang yang tidak mampu secara ekonomi dapat berperkara secara cuma-cuma. 

Berdasarkan monitoring dan evaluasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Umum terhadap penerapan layanan hukum pembebasan biaya perkara (prodeo) di seluruh pengadilan di lingkungan peradilan umum belum berjalan maksimal untuk kemanfaatan masyarakat kurang mampu yang berhadapan dengan hukum. Untuk meningkatkan akses terhadap keadilan bagi masyarakat yang sulit atau tidak mampu, maka perlu dilakukan sosialisasi internal maupun eksternal mengenai program pembebasan biaya perkara atau prodeo terhadap masyarakat pencari keadilan.

Berikut Surat Edaran No 1 Tahun 2022 tentang optimalisasi layanan hukum pembebasan biaya perkara :

Loading...

 

Pengumuman Penetapan Pemenang Seleksi Lembaga Pemberi Layanan Posbakum Pengadilan Pengadilan Negeri Belopa Tahun 2022

Belopa, Jum'at 7 Januari 2022. Berdasarkan Berita Acara Hasil Seleksi Lembaga Pemberi Layanan Bantuan Hukum pada Pos Bantuan Hukum (POSBAKUM) Pengadilan Negeri Belopa yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 6 Januari 2022, Maka dengan ini ditetapkan bahwa lembaga yang ditunjuk berdasarkan hasil evaluasi tersebut adalah :

Nama Lembaga Penyedia Layanan Pos Bantuan Hukum :

LEMBAGA BANTUAN HUKUM (LBH - BUMISAWERIGADING)

Download Pengumuman

 

Pencarian

Informasi Cepat

  • 1
 

Video Profil Pengadilan Negeri Belopa